Liburan Mudah dan Murah Ala Backpacker

Liburan terkadang menjadi waktu yang ditunggu oleh banyak orang, terutama mereka yang sibuk dengan berbagai aktivitas rutin seperti sekolah maupun pekerjaan. Apalagi kalau kamu suka petualang, tak jarang kamu ingin keluar dari segala rutinitas yang dijalani agar nggak bosan dan semangatnya bisa di refresh lagi. Namun, kadang kita terlalu mikir ribet mau pergi kemana, takut mahal dan malah menguras kantong dalam-dalam. Karena banyak mikir dan ditunda-tunda, pada akhirnya ga jadi liburan deh. Kan sedih ya.

Nah, jika kamu pernah ngerasain itu, sepertinya menjadi backpacker sangat cocok untukmu. Selain bisa jalan-jalan sesuka hati, kamu bisa belajar dari tantangan dan keseruan yang dihadapi selama perjalanan. Menjadi backpacker juga sangat pas buatmu yang lagi krisis uang tapi pikiran sumpek dan butuh liburan. Karena kamu bisa mengatur budget yang dikeluarkan sesuka hatimu.

Sebelum memutuskan untuk menjadi backpacker, tentu ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum berangkat. Untuk backpacker pemula, wajib baca nih!

  1. Tentukan destinasi wisata, dan banyak cari tahu tentang infonya.

Sebelum berlibur, tentu yang pertama harus mikirin kemana tujuanmu ya. Ini termasuk hal yang krusial, karena jika kamu salah pilih tempat, bisa jadi malah menguras kantong habis-habisan. Cari tahu banyak di search engine apa saja tempat wisata yang murah dan mudah sekali dijangkau. Contohnya Kampung Blekok. Untuk kalangan backpacker, ia menjadi tujuan yang sangat pas. Karena selain tiket masuk yang sangat murah, ada banyak fasilitas-fasilitas liburan yang tersedia di sana. Mulai dari pemandangan alam, wisata edukasi, wisata perahu, hingga wisata kuliner yang cukup menggiurkan. Akses masuk ke Kampung Blekok pun sangat mudah, termasuk jika kamu dari luar kota. Karena Kampung Blekok berada di jalan Pantura banyuwangi situbondo yang merupakan area yang menjadi jalan utama menuju Bali dan Jogja menggunakan bus umum. Kalau ke Bali/Jogja, jangan lupa mampir ya, hehe. #KeBaliLewatDaratHarusMampirSini

  1. Sebelum berangkat, mantapkan Itinerary seefektif mungkin.

Tunggu-tunggu, itinerary apaan? Jadi, itinerary adalah bahasa inggris dari ‘rencana perjalanan’. Ia adalah daftar kegiatan serta estimasi budget yang akan dikeluarkan selama perjalanan. Itinerary mencakup daftar destinasi, jadwal kegiatannya, akomodasi, transportasi, sampai kebutuhan oleh-oleh. Intinya segala hal yang akan terjadi selama liburan, kamu harus atur dan catat seefektif mungkin. Kamu bisa mengatur kemana aja kamu ingin pergi dan menyesuaikan dengan jam operasional tempat wisatanya. Kamu juga bisa mencatat itinerary dimanapun sesukamu, sekiranya kamu bisa ingat apa saja yang akan kamu lakukan selama perjalanan. Nah di Kampung Blekok rasanya sudah paket komplit ya, hehe. Di sana paket wisatanya sangat beragam. Selain itu, area kampung blekok merupakan destinasi wisata yang strategis dan dekat dengan berbagai destinasi wisata yang lainnya, seperti Kampung kerapu, Monumen Anyer Panarukan, dan juga alun-alun Situbondo.

  1. Jika pengen liburan agak lama, cari tempat menginap yang murah

Untuk backpacker, biasanya memilih penginapan yang lebih murah daripada hotel. Nah karena itu, perlu dipersiapkan jauh-jauh hari dan jangan terlalu mepet untuk memesannya. Kamu bisa memesannya lewat agen travel online terpercaya ataupun Karena kalau mepet, biasanya kamu akan kehabisan sehingga Tapi, jika di Kampung Blekok, kamu jangan khawatir, kamu bisa menginap di resort Kampung nelayan yang jaraknya sekitar 1 km dari kawasan kampung Blekok. Karena kami juga dekat dengan rumah penduduk, kamu bisa tinggal bersama masyarakat sekitarnya.

  1. Jangan lupa bawa bekal

Ini salah satu tips biar kamu lebih berhemat. Kamu ga perlu lagi mikirin jika lapar di tengah jalan. Dan dengan begitu, uang makannya bisa kamu sisihkan untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga. Nah, di kampung Blekok juga banyak sekali oleh-oleh yang tersedia. Hasil karya masyarakat sekitar juga loh.