Mangrove - KEANEKARAGAMAN HAYATI KAMPUNG BLEKOK

Ayo mengenal lebih jauh lagi tentang Kampung Blekok  yang merupakan salah satu kawasan wisata alam berbasis konservasi yang ada di Dusun Pesisir, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Untuk kali ini kita akan membahas tentang Keanekaragaman Hayati Kampung Blekok, sebelum itu kita perlu tau, apa sih yang di maksud Keanekaragaman Hayati? Keanekaragaman Hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukan keseluruhan variasi gen,spesies,dan ekosistem di suatu daerah. Ternyata banyak sekali keanekaragaman yang berada di Kampung Blekok seperti Tumbuhan Mangrove atau Tumbuhan Bakau serta burung air yang ada di sini. Berikut penjelasan tentang Keanekaragaman Hayati yang ada di Kampung Blekok

  • HUTAN MANGROVE

Mangrove merupakan ekosistem yang sangat unik karena habitatnya yang khas sehingga tidak banyak jenis tumbuhan yang mampu hidup dalam kondisi tersebut. Jumlah jenis mangrove di Indonesia mencapai 89 jenis yang terdiri dari 35 jenis pohon, 5 jenis terna, 9 jenis perdu, 9 jenis liana, 29 jenis epifit, dan 2 jenis parasit. Inilah jenis jenis mangrove yang bisa kita jumpai di kampung blekok.

A.SONNERATIA ALBA

Nama setempat : Pedada, perepat, bogem.

Ekologi Sonneratia Alba merupakan Jenis pionir, tidak toleran terhadap air tawar dalam periode yang lama. Menyukai tanah yang bercampur lumpur dan pasir, kadang-kadang pada batuan dan karang.

B.RHIZOPHORA MUCRONATA

 Nama setempat : Bakau hitam, bakau korap, Tenjheng.

Rhizophora Mucronata tumbuh pada tanah berlumpur, halus, dalam dan tergenang pada saat pasang normal. lebih toleran terhadap substrat yang lebih keras dan pasir. Merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove yang paling penting dan paling tersebar luas

C.RHIZOPHORA STYLOSA

Nama setempat : bakau minyak, bakau kacang dan lain-lain

Ekologi Rhizophora stylosa  tumbuh pada habitat yang beragam di daerah pasang surut yang berlumpur, pasir dan batu

D.RHIZOPHORA APICULATA

Nama setempat :Bakau minyak, tinjang, tenjheng.

Rhizophora Apiculata tumbuh pada tanah berlumpur, halus, dalam dan tergenang pada saat pasang normal.Di Kampung Blekok Rhizophora Apiculata berjumlah sangat sedikit, dan kebanyakan masih tanaman baru.

E.AVICENNIA ALBA

Nama setempat : Api-api

Avicennia Alba merupakan jenis pionir pada habitat rawa mangrove di lokasi pantai yang terlindung, juga di bagian yang lebih asin di sepanjang pinggiran sungai yang dipengaruhi pasang surut, serta di sepanjang garis pantai. . Akarnya dilaporkan dapat membantu pengikatan sedimen dan mempercepat proses pembentukan daratan.

F.AVICENNIA MARINA

Nama setempat : Api-api putih, api-api abang.

Avicennia Marina merupakan tumbuhan pionir pada lahan pantai yang terlindung, memiliki kemampuan menempati dan tumbuh pada berbagai habitat pasang-surut, bahkan di tempat asin sekalipun. Jenis mangrove ini merupakan mayoritas mangrove di Kampung Blekok, yang merupakan habitat dari Burung jenis Ardeidae.

G.ACANTHUS ILICIFOLIUS

Nama setempat : Jeruju putih, jeruju.

Ekologi Acanthus Ebracteatus biasanya pada atau dekat mangrove, sangat jarang di daratan. Memiliki kekhasan sebagai herba yang tumbuh rendah dan kuat, yang memiliki kemampuan untuk menyebar secara vegetatif karena perakarannya yang berasal dari batang horizontal, sehingga membentuk bagian yang besar dan kukuh.

H.EXCOECARIA AGALLOCHA

Nama setempat : Buta-buta, menengan, madengan, malengan, kayu wuta, sambuta, bebutah.

Ekologi Tumbuhan ini sepanjang tahun memerlukan masukan air tawar dalam jumlah besar. Umumnya ditemukan pada bagian pinggir mangrove di bagian daratan, atau kadang-kadang di atas batas air pasang.

I.HIBISCUS TILIACEUS

Nama setempat : Waru laut, waru langit.

Hibiscus Tiliaceus merupakan tumbuhan khas di sepanjang pantai tropis dan seringkali berasosiasi dengan mangrove. Juga umum di sepanjang pinggiran sungai di kawasan dataran rendah.

J.RHIZOPHORA MUCRONATA

Nama setempat : bakau minyak, bakau kacang dan lain-lain

Ekologi Rhizophora stylosa  tumbuh pada habitat yang beragam di daerah pasang surut yang berlumpur, pasir dan batu. Dengan ciri akar yang panjang bahkan tumbuh dari tengah Batang.

K.ACROSTICHUM AUREUM

Nama setempat : Paku Laut

Ekologi ACROSTICHUM AUREUM   tumbuh pada habitat yang Teduh di bawah pohon mangrove lainnya